Selasa, 17 Agustus 2010

Tetap Fit Saat Puasa

Solusi Pria - Sekarang kita berada di bulan Ramadhan yang artinya bagi umat Muslim adalah waktunya menjalankan ibadah Puasa. Kalo mungkin tahun-tahun sebelumnya Puasa membuat anda loyo, dan membuat segala aktivitas menurun, dengan membaca artikel diharapkan tahun ini tidak lagi.
Banyak referensi yang mengatakan bahwa puasa itu merupakan suatu proses detoksifikasi alami bagi organ tubuh yang memang sangat dibutuhkan tubuh. Dr. Grace Judio-Khal, Msc. MH, CHt. berpendapat bahwa puasa mendatangkan manfaat seperti :
  1. Mengatur Kadar Gula Darah.
  2. Mengistirahatkan Saluran Pencernaan.
  3. Memberikan kesempatan Oragan tubuh seperti Hati, Pankreas, dan Kelenjar-kelanjar yang memproduksi enzim cerna.
Pendapat ini sejalan dengan pendapat dari Dr. Endang Peddyawati, MS, SpGK., dokter spesialis gizi. Menurutnya "Puasa selama bulan Ramadhan bila dijalanin dengan benar akan menunjukan adanaya penurunan kadar lemak bagi Anda yang memiliki kadar lemak tinggi"
menurutnya lagi " bagi Anda yang makannya sedikit dan tidak teratur, Puasa bisa menaikan berat badan karna selama berpuasa pola makan akan teratur dengan asupan yang lebih banyak dari yang dibutuhkan"

Untuk tetap bisa Fit selama berpuasa ada beberapa trik yang bisa Anda jalani, seperti :

ADAPTASI AWAL
  • Niat. Kuat tidaknya niat sangat berpengaruh. Kuatkan Niat Anda.
  • Adaptasi sebelumnya. Beberpa hari sebelum mulai puasa, tubuh sudah dilatih.
  • Porsi makan. Mengatur porsi makan, jangan berlebih dan membiasakan diri makan dengan perlahan tidak buru-buru.
  • Minum. Biasakan minum air putih saat sahur setidaknya 2 gelas.
  • Aktivitas. Kurangi aktifitas fisik saat awal puas, tapi ingat dikurangi, bukan dihentikan, karna aktifitas fisik dapat membantu tubuh jadi segar.
SAHUR BERKUALITAS 
Makanan yang Anda konsumsi saat sahur sebaiknya :
  • Makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi. Mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, serat dan cairan.
  • Utamakan Karbohidrat kompleks. Agar tidak cepat lapar.
  • Makanan bervariasi tiap hari. Agar kebutuhan nutrisi tercukupi.  
  • Makanan yang banyak mengandung serat.  
  • Makanan yang mudah di cerna.  
  • Kurangi makanan Pedas dan Asam.  
  • Perbanyak konsumsi Air Putih dan Sayur berkuah.
BUKA YANG SEHAT
Saat berbuka jangan dijadikan ajang balas dendam, makan sepuasnya dan minum sabanyaknya. Saat berbuka puasa Anda harus makan asupan yang bisa meningkatkan gula darah dan kadar air dalam tubuh. Makan saat berbuka harus bertahap, makan secara perlahan, masukan dulu satu porsi dan kemudian tunggu beberapa saat sambil memperhatikan respon dari tubuh. Tubuh akan memberikan sinyal apa bila ada yang kurang atau sudah cukup. Mengkonsumi asupan yang manis di waktu awal bisa mengerem banyaknya makanan yang masuk berikutnya.
(sumber:men's health)

4 komentar:

  1. Excellent post.I want to thank you for this informative read, I really appreciate sharing this great post. Keep up your work.

    BalasHapus
  2. That is an extremely smart written article. I will be sure to bookmark it and return to learn extra of your useful information. Thank you for the post. I will certainly return.

    BalasHapus
  3. That is an extremely smart written article. I will be sure to bookmark it and return to learn extra of your useful information. Thank you for the post. I will certainly return.

    BalasHapus
  4. Very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

    BalasHapus